TEKNOLOGI PENDIDIKAN KEDOKTERAN

Menuju Dokter Bintang Lima Berkarakter Pancasila

Syarat menjadi mahasiswa kedokteran

Posted by zulharman pada Mei 15, 2010

Syarat Umum :

1. Beriman dan Bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945

Sekarang baru syarat khususnya :

1. Memiliki motivasi dari dalam diri sendiri untuk menjadi dokter. Bukan motivasi dari luar. Misalnya motivasi dari luar karena suruhan ortu, karena ingat pepatah kalau jadi dokter nanti bisa rumah bertingkat, mobil mengkilat.

2. Memiliki IQ minimal rata-rata atau di atas rata2. Hal ini sangat perlu untuk modal penalaran klinik. Kalau IQ dibawah rata2 seringnya bila disuruh menalar kasus PBL (problem based learning) seringnya “Jaka sembung naik ojek, ngak nyambung Jek.”

3. Memiliki locus of control yang positif. Artinya sadar bahwa hasil sesuatu pekerjaan tergantung pada usaha dirinya sendiri.

4. Memiliki efikasi diri yang kuat. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Anda harus mampu berpikir bisa untuk bisa. Buang pikiran tidak bisa sebelum mencoba sesuatu.

5. Memiliki mental yang kuat. Karena dengan sistem Kurikulum berbasis kompetensi banyak sekali masalah-masalah akademik dan non akademik yang perlu dihadap dengan mental yang sehat/stabil. Tidak boleh cengeng dan minder.

6. Memiliki fisik yang kuat. Karena belajarnya membutuhkan stamina dan kebugaran yang oke. Jangan sampai belajar sudah mati-matian selama satu bulan, ternyata waktu pas mau ujian koit karena sakit.

7. ……..

8……..

Sekian dulu, nanti ditambahkan, kalu ada masukan lainnya silahkan di komentari

About these ads

56 Tanggapan to “Syarat menjadi mahasiswa kedokteran”

  1. darucreepy berkata

    wah bener banget tuh kang , lagi ngejar nilai nih buat masuk kedokteran….hehe…mumpung masih kelas 1. Kunjungi juga http://darucreepy.wordpress.com . komentarnya juga ya… :) BTW, nice info…..

  2. ndrew berkata

    g takut darah juga mas plus daleman”..
    heheheee…

  3. Anonymous berkata

    ngak hanya fisik aja yang kuat tapi harus jadi orang yang pembarani dalam menangani masalah,,,
    ya ngak….
    semoga aja aku bisa masuk kedokteran tahun depan….
    AMIN

  4. yusufa berkata

    bner tuh.. moga ak bisa lancar ngejalani fk..

  5. zulharman berkata

    Amien

  6. zulharman berkata

    Betul, amien

  7. Subhan basri berkata

    siiiiiip deh……

    biayanya harus murah & jangan mahal.

  8. Fitri77@yahoo.Com

  9. harri berkata

    nice post….salam kenal….check it out blog saya

  10. diah ayu berkata

    kalo masuk fakultas kedokteran, lulusan smk bisa ga???

  11. alat kedokteran berkata

    wah.. berat juga ya…

  12. Nurul Nuzlia berkata

    Kalau misalkan ada salah satu jari tangan yang putus dua ruas apakah masih bisa masuk kedokteran?

  13. ardi refriyansa berkata

    apakah bisa saya nenjadi seorang dokter kalau tangan kanan saya cacat

  14. Anonymous berkata

    apa bener katanya klo yg mau jadi mahasiswa kedokteran katanya gak boleh pakai kaca mata???(kaca mata min)

  15. Agustya Anzalnaa Fitriyanti berkata

    Ada ga sih kriteria dari fisik kita ? Misalnya harus cantik, dan lain sebagainya ?

  16. nora situmorang berkata

    aQ Pngn cich tpi kok susah bngt prsyaratn nya.,*)

  17. Mhega suezshanty berkata

    ya guyz w jga pngin bgt jdi dokter , tpe kira” biaya nya bisa ditawar menawar gk ya ???

  18. swetybroch berkata

    aku pngen siihh tp,smga aj aku bs lulus dlm persyaratannya.

  19. khair berkata

    aku pngin jadi dokter, tpi aku hnya anak panti asuhan yg tdak pnya biyaya cukup.
    q harus bgaimana….?

  20. Aq pengen jd dokter tp dapet beasiswa,biar gk ngerepotin ortu,harus jd orang pinter dulu nih,semoga tercapai go ui go dokter,amieen

  21. wah, i wish i can do it lah..amin doain sy bisa masuk di fk/fkg ya dok.. Thnks buat motivasiny

  22. Anonymous berkata

    pengen bnget jd dokter,tp pnghasilan org tuaku pas2an n syaratx nc,apakah bisa kalau giginya berlubang?

  23. Andi Riza Rachmadany berkata

    aku ingin masuk fakultas kedokteran..

  24. Anonymous berkata

    kalau takut liat di potong tu badanxx???

  25. Anonymous berkata

    pengen banget masuk kefakultas kedokteran, semoga cita-citaku terkabulkan amin.

  26. annie nurdiani berkata

    jika hidup masih lama, aku akan masuk di fakultas ini

  27. nada berkata

    Wah harus belajar giat ni,, nambah nilai dulu mumpung masih kelas 6 sd ‾ƪ(‾⌣‾ )>

  28. Zulvan berkata

    wah persyaratan.x menarik..
    tp materi apa yg harus di pelajari. . .?

  29. . Oh ya , mau tanya kalau IQnya pas Rata-Rata gimana?…

  30. Kalau IQ nya pas rata-rata gimna?

  31. Anonymous berkata

    Semoga di dunia ini semakin banyak dokter yg berhatii mulia bkn dokter yg karena uang semata :-)

  32. ns berkata

    klw dr smk keperawatan bsa gag msuk kedokteran ?

  33. Ulfah Ajjah berkata

    biasa nya kalo jadi kedokteran bisa gak,
    gak harus kuliah,,

  34. dea valentina situmorang berkata

    kalau mau jadi dokter boleh gak yah gigi nya berlapis??mohon di jawab yah kang..

  35. apapun syaratnya, semoga aku BISA.
    yang penting full beasiswanya aja.

  36. useful content berkata

    I quite like looking through a post that will make men and
    women think. Also, thank you for permitting me to comment!

  37. Anonymous berkata

    Yg lain,syaratnya ap

  38. ichih berkata

    jangan terlalu ambisius,sesuaikan dengan kemampuan prinsip masuk FK ada dua 1.Kecerdasan,Banyak anak FK yg DO juga gara” menang finansial aja tapi otak gk melampaui,2.Finansial banyak anak FK yang DO gara” finansial gak bisa beli peralatan kedokteran

  39. haya berkata

    mudhn2 thun dpn bisa msuk fk

  40. Anonymous berkata

    Hemm.? cita2ku ingin jd dokter tapi ada halangan sedikit.? dari mana biayanya dong da ada gangguan fisik apakah bisa .?

  41. Anonymous berkata

    mudah2an tahun depan ak bisa masuk kedokteran yang ak mau

  42. kalau giginya berlampis bisa gk jd dokter?????

  43. adela berkata

    kalo gigi ny berlubng gmana? dan emg harus lulusan apa?apakah hrus dpet gelar master? masalah uang daftar ny brapa?

  44. Fuji berkata

    kalau dari SMK Farmasi bisa masuk FK ga? dan kalau memiliki kelainan jantung apa bisa nantinya jdi spesialis jantung juga?
    mohon jawabannya ya :)

  45. m.arif berkata

    kalau misalnya tingginya cuman 153cm dan lulusan madrasah aliyah bisa gak jadi dokter ?

  46. claudia ayu permata berkata

    ya Allah .. semoga tahun depan aku bisa masuk FK UI :-)

    aku pengen bgt jadi dokter :)

  47. huahuaaa… penjelasannya memang terkesan humor,,tapi cukup mengena. Saya juga berharap anak saya ada yg jadi dokter.

  48. Titin Wulansari berkata

    Aku juga pengen masuk Fakultas Kedokteran,tapi aku pake kacamata,,,,
    Boleh nggak yaaa ?

  49. mery berkata

    aku sngat ingin jdi dkter tpi biaya untuk msuk yg aku pkirkan!!!

  50. Anonymous berkata

    Bagaimana masuk kedokteran secara murni

  51. Anonymous berkata

    syaratnya apa

  52. […] Sumber : http://zulharman79.wordpress.com/2010/05/15/syarat-menjadi-mahasiswa-kedokteran/ […]

  53. Anonymous berkata

    kalo make kacamata bisa jadi dokter ga???

  54. Anonymous berkata

    Ehemm pngEN sich jd Dokter bedah !!

  55. benny praditya berkata

    Kalau nilai dibawah rata-rata , bisa nggak ngulang lagi.?

  56. eva berkata

    kak aku mau tanya..kalau dari siswi smk kesehatan jurusan farmasi bisa masuk pendidikan dokter gak kak?…terima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: