PEMBUATAN MEDIA BELAJAR KETRAMPILAN KLINIK SEDERHANA

 

Zulharman

Mahasiswa S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada

 

PENDAHULUAN

Penerapan ketrampilan klinik sedini mungkin di pendidikan kedokteran menyebabkan suatu usaha memperkenalkan ketrampilan klinik ini di laboratorium ketrampilan klinik (Skill labs). Pelatihan ketrampilan ini di skills lab tidak hanya membutuhkan instruktur akan tetapi juga membutuhkan media belajar seperti manekin, boneka atau standar pasien. Manekin sebagai alat media latihan ketrampilan skills lab, selama ini identik dengan harga yang mahal dan harus dibeli dari luar negeri. Oleh karena itu pemamfaatan bahan-bahan yang ada di sekitar kita dalam membuat media belajar ketrampilan klinik perlu dikembangkan. Dengan menggunakan media belajar ketrampilan klinik sederhana, tidak hanya menghemat biaya pendidikan akan tetapi memiliki keuntungan-keuntungan lain yang dapat dilihat di bawah ini.

ISI

Penulis merancang media belajar ketrampilan klinik sederhana untuk digunakan di laboratorium ketrampilan (skill labs). Media belajar ini akan digunakan untuk latihan ketrampilan klinik bedah minor. Penulis membuat media belajar ini dengan mempertimbangkan beberapa prinsip sebagai berikut :

  1. Authentic, yang berarti sedapat mungkin pembuatan media belajar skill labs ini mendekati situasi yang sebenarnya. Penulis memperhatikan selama ini, mahasiswa berlatih menjahit luka dengan menggunakan manekin yang diletakkan di atas meja. Penulis berpikir bahwa dalam melakukan penjahitan luka kadang-kadang letak luka dan posisi pasien dapat mempersulit seorang dokter untuk melakukan ketrampilan ini. Oleh karena itu, penulis merancang dan membuat media belajar ketrampilan klinik ini dapat ditempelkan ditangan atau dikaki standar pasien atau orang lain sehingga standar pasien ini dapat lebih memerankan atau mengekspresikan keadaan yang sebenarnya baik melalui ekspresi wajah dan gerakkan tubuh sewaktu mahasiswa melakukan ketrampilan klinik menjahit luka dan mahasiswa dapat dihadapkan dengan situasi menjahit luka dengan berbagai macam posisi pasien.

  2. Reusable, yang berarti media belajar skill labs ini dapat digunakan kembali. Penulis merancang agar media belajar ini dapat digunakan kembali sehingga dapat menghemat biaya. Contohnya, apabila lembaran kulit sudah habis dipakai sebagai media belajar, maka lembaran kulit ini bisa diganti lembaran kulit cadangan yang sudah tersedia.

  3. Multitasking, yang berarti media belajar skill labs ini bisa digunakan untuk beberapa macam ketrampilan dengan cara memodifikasi media ini. Penulis merancang media belajar ketrampilan bedah minor yang meliputi satu media yang dapat digunakan untuk ketrampilan :

  1. Ketrampilan Hecting/suture

  2. Ketrampilan ekstirpasi lipoma

  3. Ketrampilan venapuncture

  4. Ketrampilan pemasangan IV line

Untuk ketrampilan poin a dan b penulis sudah berhasil membuatnya, sedangkan untuk poin ketrampilan c dan d belum dibuat karena masih mencari bahan yang sesuai dan setelah ada bahan kemungkinan dapat dikembangkan. Media belajar yang penulis telah buat ini nantinya akan digunakan untuk latihan ketrampilan hecting dan ekstirpasi lipoma.

  1. Easy to used and maintenance, yang berarti mudah dalam penggunaannya maupun perawatannya. Para mahasiswa dan instruktur dapat dengan mudah menggunakannya dan mengganti lembaran kulit atau spon cadangan bila lembaran kulit atau spon yang lama sudah rusak.

  2. Cheap, yang berarti media belajar ini dibuat dengan biaya yang murah atau bahkan tanpa biaya dengan menggunakan bahan-bahan bekas (daur ulang).

Media belajar ini terdiri dari :

  1. Komponen utama untuk meletakkan spon dan lembaran kulit yang dipakai untuk latihan.

  2. Beberapa lembaran kulit cadangan yang digunakan bila lembaran kulit yang ada di komponen utama sudah rusak.

  3. Spon cadangan yang digunakan bila spon yang ada di komponen utama sudah rusak.

Penulis membuat media belajar ini menggunakan bahan :

  1. Botol aqua bekas ukuran 1,2 liter atau pipa paralon sisa berdiameter 6 cm yang digunakan sebagai kerangka.

  2. Spon bekas kursi atau spon baru yang bisa dibeli di toko bahan jok dengan harga murah sekali.

  3. Lembaran kulit sintetis yang bisa dibeli di toko bahan jok dengan harga murah sekali.

  4. Lem Fox

  5. Pita Perekat

Pembuatan media belajar ini tidak membutuhkan waktu lama (kira-kira 1 jam). Hasil yang penulis buat ini masih belum mendekati keadaan aslinya sehingga diperlukan perbaikan-perbaikan baik dalam pemilihan bahan maupun karakteristik ketrampilan yang melandasi pembuatan media ini.

KESIMPULAN

Penggunaan media belajar klinik sederhana tidak hanya menghemat biaya pendidikan, akantetapi memiliki keuntungan seperti Authentic, Reusable, Multitasking dan Easy to used and maintenance. Pengembangan dan inovasi media belajar ketrampilan klinik sederhana perlu ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya.

LAMPIRAN

Skenario 1.

Seorang pria umur 25 tahun menderita luka sayatan sepanjang 10 cm di tangan kanan. Lakukanlah debridement dan penjahitan luka.

Skenario

Seorang wanita umur 30 tahun mengeluhkan ada benjolan lunak dan mobil ukuran 1,5 cm di lengan kanan atas. Setelah dilakukan pemeriksaan maka didiagnosis lipoma. Lakukanlah ekstirpasi lipoma.

4 thoughts on “PEMBUATAN MEDIA BELAJAR KETRAMPILAN KLINIK SEDERHANA

  1. Assalamu alaikum.
    Saya mahasiswa PSIK FK UGM….sekarang sedang dalam penyelesaian Tugas Akhir.

    Apakah bapak bisa membantu saya dimana saya harus mencari literatur tentang skill’s lab.
    saya sangat senang sekali juga bapak berkenan memberi saya informasi.

    sebelumnya saya ucapkan Terima Kasih

  2. @Irsan
    Coba datang ke perpustakaan Bagian pendidikan kedokteran FK UGM, lantai 6 gedung radioputro.

  3. He is friendly, approachable and always cheerful. What I do know this:
    My ears have never ached at a football fan, remember that
    maintain nearly every unwanted impact the environment.
    I will definitely say it’s special. Leave em’ alone they are the age of consent, they
    have never completed since the NFL went to a
    16-game schedule in 1978.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s