Belajar Mandiri

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran yang sangat cepat mengharuskan seorang lulusan dokter untuk mampu belajar sepanjang hayat. Seorang lulusan dokter harus selalu belajar untuk mengembangkan ilmunya baik melalui seminar, kursus – kursus penyegaran ilmu pendidikan kedokteran berlanjutan atau pun dengan belajar mandiri menggunakan media seperti buku, jurnal dan internet. Seorang lulusan dokter untuk dapat belajar sepanjang hayat membutuhkan suatu Kesiapan untuk belajar mandiri. Seorang lulusan dokter yang mampu belajar mandiri memiliki Kesiapan untuk menentukan kebutuhan dan tujuan belajarnya, kapan dan dimana untuk belajar, menentukan sumber belajar dan mampu untuk menilai hasil belajarnya.

Institusi pendidikan dokter, memiliki kewajiban untuk mengembangkan Kesiapan dan kesiapan mahasiswanya untuk belajar mandiri yang merupakan bekal bagi mahasiswa tersebut untuk dapat menjadi pembelajar sepanjang hayat. Pengembangan Kesiapan belajar mandiri mahasiswa ini, memerlukan suatu penilaian terhadap Kesiapan yang dimiliki oleh mahasiswa untuk belajar mandiri. Penilaian Kesiapan belajar mandiri mahasiswa ini akan memberi informasi mengenai gambaran kelemahan belajar mandiri mahasiswa dan juga gambaran Kesiapan yang yang telah dimiliki mahasiswa tersebut

8 thoughts on “Belajar Mandiri

  1. @ Respon to Mr. Dani Iswara
    Terimakasih komentarnya Mas Dani. Artikel di atas baru sekedar ide tetapi juga merupakan ide untuk thesis saya. Saya akan meneliti mengenai kemampuan, sikap dan perilaku belajar mandiri mahasiswa fakultas kedokteran. Diharapkan dari penelitian ini dapat mengetahui karakteristik belajar mandiri mahasiswa FK dan bagaimana cara mengembangkan kemampuan belajar mandiri mahasiswa ini sehingga nantinya dapat menjadi seorang life long learner. Nanti kalau hasilnya sudah ada saya akan publikasikan disini dan implementasinya/tindak lanjut pengembangan kemampuan belajar mandiri ini.

  2. sekedar untuk wawasan instrumen mengukur kesiapan belajar mandiri mahasiswa. mas bisa buka google dan search dengan keyword : dears. dears adalah self asessement untuk kesiapan belajar mandiri. mudah-mudahan ketemu. selamat bergoogling….

  3. mas…
    mw nanya ne…

    belajar sepanjang hayat dalam kedokteran tu bagaimana maksudnya se?

    makasi mas…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s