Mudahnya membuat CAL (Computer Aids Learning)

Computer Aid Learning atau CAL merupakan sebuah inovasi media pembelajaran saat ini. CAL dapat digunakan sebagai media untuk penyampaian informasi materi belajar, yang dapat disampaikan secara interaktif dan menarik. Penggunaan CAL sebagai alat bantu dalam belajar telah luas digunakan, terutama pada proses belajar mengajar yang bersifat student centre. Hal ini dikarenakan dengan CAL , dosen tidak perlu lagi menyampaikan materi kuliah secara panjang lebar di depan kelas. Materi kuliah yang bersifat recall of fact disajikan saja dalam bentuk CAL sehingga pelajar bisa membacanya di rumah. Sehingga tugas dosen di depan kelas hanya memberikan gambaran singkat tentang materi kuliah dan konsep inti, yang dalam 30 menit saja sudah cukup disampaikan. Hal ini karena kuliah yang terlalu lama tidak efektif karena kemampuan pelajar untuk konsentrasi hanya dalam 1×50 menit. Lewat dari 50 menit pikiran pelajar biasanya udah melayang entah kemana. Coba bayangkan seorang dosen yang memberi kuliah 2 jam dan lebih parah lagi metodenya satu arah seperti membacakan buku.

Dahulu pembuatan CAL sangat susah bagi para dosen kedokteran (tentu saja waktu kuliahnya tidak belajar bahasa program komputer seperti visual basic atau pembuatan animasi dengan macromedia flash dan sejenisnya). Tetapi sekarang sudah banyak program yang bersifat instant yang dengan pelatihan 2 jam saja para dosen sudah mampu membuat sebuah CAL yang interaktif dan menarik. Pada tulisan ini saya merekomendasikan sebuah program yaitu Autorun proenterprise yang dapat dilihat di http://www.longtion.com/autorunenterprise/autorunpro.htm .

Untuk mencobanya kita dapat mendownload trial program tersebut dari link di atas. Dan kalau membelinya harganya tidak terlalu mahal dibandingkan membeli program seperti macromedia flash. Cara menggunakannya sangat mudah bila kita sudah mengerti tentang pembuatan slide kuliah dengan M. power point. Nah bagi para dosen silahkan membekali kemampuan dalam membuat CAL ini, agar dosen di Indonesia tidak kalah dengan dosen luar negri yang IT Minded.

4 thoughts on “Mudahnya membuat CAL (Computer Aids Learning)

  1. Mas Zulharman, Sy ahmad, mau nanya apakah Autorun ent pro yang trial dpt digunakan sampai di burn ke cd hasilnya ?? Karena mau nyusun tugas S2 ini membuat CAL ?
    Terima kasih

  2. @Yanik
    CAL bisa dibuat dengan software membuat website seperti mac. dreamwever, mic.frontpage, mac. flash, yang penting sesuai dengan kriteria CAL

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s