Kemampuan internet untuk mahasiswa kedokteran

“6.5. Area Pengelolaan Informasi
6.5.1. Kompetensi Inti
Mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemampu-terapan informasi untuk menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer
6.5.2. Lulusan Dokter Mampu
1. Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk membantu penegakan diagnosis, pemberian terapi, tindakan pencegahan dan promosi kesehatan, serta penjagaan, dan pemantauan status kesehatan pasien
Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (internet) dengan baik ”

Dari isi standar kompetensi yang saya cuplik dari buku standar kompetensi, tampak seorang lulusan dokter harus mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (internet) dengan baik. Bentuk teknologi informasi dan komunikasi ada banyak bentuk dan format. Tetapi kelihatannya ada penekanan pada internet.
Menurut saya berinternet dengan baik untuk dokter dan mahasiswa yaitu kemampuan berinternet dalam hal mengakses, mengelola, menilai secara kritis kesahihan dan kemampu-terapan informasi yang mendukung dokter dalam menjelaskan dan menyelesaikan masalah, atau mengambil keputusan dalam kaitan dengan pelayanan kesehatan di tingkat primer (Kompetensi inti).

Bentuk Nyatanya :
1. Kemampuan searching literature atau informasi kesehatan dengan menggunakan mesin pencari (search engine seperti Google atau Yahoo). Kemampuan ini penting karena ada milyaran informasi di internet sehingga mahasiswa harus dibekali dengan kemampuan searching yang efektif agar tidak tersesat dalam rimba internet. Materi yang diajarkan misalnya bagimana cara menggunakan tanda atau logika Boolean dalam search engine. Bagaimana memilih key word yang efektif.
2. Kemampuan menganalisa secara kritis informasi yang ada di internet. Ada beberapa syarat yang dikatakan informasi di internet layak dipakai. Khusus untuk informasi kesehatan dan kedokteran kita bisa menggunakan standar dari HON CODE atau URAC. (coba searching dgn keyword HON CODE atau URAC).
3. Kemampuan mendokumentasi atau menyimpan hasil pencarian kedalam folder yang rapi sehingga nantinya mudah diakses bila diperlukan.
4. Kemampuan pendukung yang diperlukan, misalnya menggunakan web browser selain internet explorer seperti mozilla atau opera serta mengenal tipe atau format file hasil download internet seperti html, asp, php, exe, 3gp, mhtml, dll.
5. Kemampuan membuat dan mengirim email serta mailing list.
6. Kemampuan bagaimana berpartisipasi dalam sebuah learning management system seperti MOODLE atau ATUTOR. Intinya kemampuan untuk ikut dalam sebuah forum diskusi atau pembelajaran. Hal ini penting nantinya dalam rangka continuing medical education yang kedepannya menggunakan distance learning yang berbasis learning management system.

Untuk kemampuan membuat Blog boleh saja diajarkan karena membuat blog sudah sangat mudah sekali , tidak seperti membuat website seperti dahulu. Blog ini dapat digunakan sebagai web log book yang sangat baik untuk mengembangkan pengalaman belajar mahasiswa yang berisi pengalaman belajar yang telah mereka lalui dan refleksinya serta dapat digunakan sebagai wadah peer assessment. Nah itulah beberapa kemampuan yang mungkin perlu, jika ada tambahan silahkan informasikan ke saya supaya dapat kita diskusikan, kalau bisa nanti kita bersama-sama menyusun contentnya yang mana kemampuan ini bisa diajarkan dalam blok learning skill atau study skill.

19 thoughts on “Kemampuan internet untuk mahasiswa kedokteran

  1. 8 dari 10 mahasiswa FK adalah anggota Friendster (Penelitian On The Spot d FKUNS)…tanya kenapa?

    Ini menunjukkan kecenderungan mahsiswa FK menggunakan Internet sebagai media sosialisasi & aktualisasi diri (Piramida Maslow)..jadi yg terpenting seharusnya sist pendidikan FK harus membuat sistem komunitas e-learning antar Univ yg punya FK..maybe thats the core of IT 4 Human Being..

    Mampir kesini ya dok?
    http://www.sibermedik.wordpress.com

  2. halo dok, kok lama nda di update blognya.
    saat ini seperti saran dokter saya coba mempelajari bagaimana menyusun sebuah blog menjadi web log book jika doker tidak keberatan tulong direvisi dan dikasih saran mengenai tulisan saya itu. filenya akan segera saya kirimkan.
    satu lagi dok, mungkin rada sidikit lancang soalnya saya menemukan tulisan dokter di copypaste di sini http://www.medanbisnisonline.com/rubrik.php?p=102977&more=1 tanpa mencantumkan sumber tulisannya jadi saya email ke tim redaksi nya untuk meninjau kembali tulisan tersebut. sebab itu khan plagiat dan dilarang, semoga dokter tidak keberatan.

  3. @ Iyas
    Ya saya lama ngak update lagi nih, baru lagi membuat proposal thesis.

    Ya saya tunggu filenya.

    Terimakasih infonya Mas Iyas, ya ternyata tulisan saya layak juga di copy paste ya🙂. Nah nanti Mas Iyas kalo buat web log book juga harus mempertimbangkan agar mahasiswa tidak saling mengcopy paste web log booknya (he..he..).

  4. seperti pekiraan ternyata benar lagi sibuk ngurusin tesis,
    rancangan web log book sekarang masih diproses dok, dah selesai 40%. kalo dah 100% siap diluncurkan ke dokter untuk direvisi.
    sukses yach dok tesisnya

  5. @ Iyas

    Oke , semoga lancar membuatnya.
    Ya nanti kita sama-sama belajar untuk merevisinya.

    Nanti kalau udah oke , bisa kita lanjutkan untuk membuat elektronik portfolio, gimana mau?

  6. electronic portfolio mainan apa lagi tuh dok ? mau mau bentar lagi selese modulnya, ntar saya langsung kirim buat dievaluasi.
    makasih dok dah submit ke direktori.
    ngomong-ngomong dok itu kok pake proteksi artikel barunya, passwordnya apaan ? kok nda isa kebuka ditempatku

  7. @iyas
    electronic portfolio itu merupakan bentuk seperti log book juga. bedanya portfolio lebih komplek lagi dari log book. Portfolio berisi eviden atau bukti hasil belajar dan refleksi dari pengalaman belajar sehingga ada unsur improvement nantinya. Ini lagi tren di luar negeri, apalagi dibuat e-portfolio. Portfolio bisa untuk sebagai strategi pembelajaran dan juga assessment. Nyar saya perdalami dulu mengenai portfolionya.

    Mas Iyas, ini masukkan aja dari saya supaya web direktorinya tampilannya sederhana aja dan warnanya yang cerah , dan kalau bisa khusus domain websitenya sehingga benar-benar fokus nantinya di Google.

    Iya itu artikel saya proteksi karna ada masalah sensitif, jika mas Iyas mau nanti saya kirimkan alamat passwordnya lewat email.
    Thanks

  8. Ping balik: Lanjutan Analisa Area Kompetensi Pengelolaan Informasi « INOVATION OF MEDICAL EDUCATION

  9. dok, saya mw nyusun skripsi ttg persepsi mahasiswa terhadap penggunaan internet sbg sarana pncarian infrmasi. tp susah nentuin masalahnya. bisa bantu ga dok?langsung ke wmail aja…trima kasih sebelumnya…

  10. @ randy
    Coba amati perilaku mahasiswa yang menggunakan internet utk mencari informasi. (study awal)

    Mungkin nanti akan tampak banyak mahasiswa yang tidak efektif dan efisien dalam menggunakan mesin pencari. nanti hubungkan dengan metode pencarian yang hrs mengenal teknik boolean atau kata kunci yang teapat.

    Juga bisa diteliti tentang persepsi mahasiswa dalam menkritisi sumber informasi tersebut. ada beberapa kaidah yang harus dimiliki misalnya mahasiswa hrs tahu kriteria website yang valid untuk mencari sumber informasi.

    Nah kesenjangan ini dapat menjadi latar belakang masalah

  11. kayanya perlu juga bikin seminar pendahulu untuk semua anak fk di indonesia masalah IT,,,
    coz masalah searching2 di internet memang masih muter2 di google dan yahoo, mungkin bisa pakai portal khusu aja x y,,,
    terus perlu juga nih kayanya forum khusus untuk saling diskusi antar mahasiswa dari berbagai fk

  12. @ mahasiswa butuh pembaruan
    Nah ini bisa diangkat sebagai topik penelitian. Mungkin pake grounded theory dulu , lalu baru di genalisir.

    Untuk searching memang lebih baik fokus pake yang dua ini aja, mungkin udah cukup.

    Tapi usulan buat portal oke juga, ayo siapa yang mau ikut membangunnya?
    Nah nanti di portal tambah juga forum diskusi anak FK se INdonesia.

  13. @FajarQimi
    Salam kenal balik dr Fajar.
    Pertama saya menjalani s2 medical education ini ya kebingungan dan tanpa motivasi, namun setelah hampir selesai kok rasanya sangat menarik ya. kelihatannya obsesi saya mau jadi spesialis sudah hilang nih

  14. salam kenaal dok,,,
    kebetulan aku lagi butuh artikel ini dok, gapapa kan di copy paste…. makasiiih dok,,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s