Log Book atau Portfolio?

Penerapan log book di pendidikan kedokteran semakin sering dilakukan. Contohnya penerapan log book di clinical rotation di mana mahasiswa koas diminta untuk membuat log book yang berisi perjalanan pengalaman belajar yang dialami mereka selama koas yang disusun secara kronologis.

Sedangkan penerapan portfolio sebagai strategi pembelajaran masih jarang dilakukan di pendidikan kedokteran Indonesia. Portfolio berisi koleksi eviden atau bukti hasil belajar dan refleksi dari pengalaman belajar yang telah dialami oleh mahasiswa sehingga ada unsur improvement nantinya. Selain sebagai strategi pembelajaran, portfolio dapat juga digunakan untuk alat penilaian formatif maupun sumatif. Sebagai alat penilaian formatif diharapkan portfolio dapat meningkatkan gairah belajar lebih lanjut melalui feedback yang diberikan oleh fasilitator (dosen). Sedangkan sebagai penilaian sumatif, portfolio merupakan bentuk penilaian yang sesuai dengan realitas sebenarnya atau performance (karena ada eviden dan proses, refleksi dan improvement dari pembelajaran). Menurut pyramid Miller, portfolio ini menilai pada tingkat “does”, sedangkan penilaian lain seperti OSCE berada pada tingkat dibawahnya yaitu “show how”, apalagi MCQ ada pada tingkat yang paling bawah yaitu “know”.

 Apa beda Portfolio dengan Log Book?

Bedanya portfolio lebih komplek dari log book. Portfolio berisi koleksi eviden atau bukti hasil belajar dan refleksi dari pengalaman belajar sehingga ada unsur improvement nantinya. Di dalam portfolio dapat berisi log book yang disertai reflection dan eviden. Sedangkan log book hanya berisi perjalanan pengalaman belajar yang disusun secara kronologis.

Kesimpulannya portfolio ada penekanan pada proses reflection dan eviden dari pengalaman belajar. Dan log book dapat merupakan bagian dari portfolio.

Penerapan Portfolio ke depan

Karena portfolio memiliki keunggulan dalam menilai proses dan hasil pembelajaran pada tingkat “does” sehingga portfolio ini tepat digunakan untuk sertifikasi dokter nantinya. Yang perlu diingat portfolio sebagai alat penilaian  sertifikasi jangan hanya berisi kumpulan eviden seperti sertifikat seminar, sertifikat pelatihan namun yang terpenting adalah proses reflection dan improvement-nya. (zulharman)

 

 

3 thoughts on “Log Book atau Portfolio?

  1. nah ini dia artikel yang saya tunggu, walo ndak diminta pak dokter yang satu ini ngerti aja huehehehe
    menarik nih dok, mengenai portfolio untuk menunjang pendidikan kedokteran, kapan kita bisa bikin projectnya dok, aku ama temen2 disini ikutan huehehehehe
    mengenai direktori nya emang lagi aku siapin buat domain baru man lagi kena kanker (kantong kering) kekekeke…… aku dah coba hilangin beberapa fitur dan kalo berat maklum dok masih belum diutak-atik ama tim progamer ku. nanti akan saya konsul ama tim programernya agar bisa lebih cepat loadingnya
    untuk penamaan kategori ada saran gak dok, soalnya itu juga masih aku bahas ama temen-temen disini.
    sekalian dok mau dong pasnya di email, biar saya na tambah ilmu lagi. kekekkeke
    modul weblog book dah jadi 75% man masih bingung masalah layout/outline waktu dekat segera meluncur ama ke email dokter buat direvisi
    makasih yach dok udah submit dan kasih saran serta mau ngejawab konsul
    sukses slalu yach dok.

  2. @ Iyas

    ntar saya kirim pass nya ya.
    saya tunggu log book nya , ntar saya punya ide supaya ia bisa dijalankan di komputer manapun, flash disk atau cd room.

  3. wah saya sangat menyambut baik penggunaan forto folio bagi pendidikan tenaga kesehatan. Sekarang ini mahasiswa menggunakan logbook hanya sbg bukti bahwa dia telah melakukan praktiknya, namun banyak hal yang dp dipelajari dari catatan mhs, misalnya refleksi belajar, alat penilaian siswa, dsb.
    Ditunggu dok… perkembangan berikutnya. Tx

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s