CONTOH EVALUASI DIRI BERDASARKAN RANTAI NILAI PENDIDIKAN TINGGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS OKE

Zulharman
Mahasiswa S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran FK UGM

PENDAHULUAN

Tantangan globalisasi, kebutuhan masyarakat dan tuntutan persaingan yang semakin ketat menuntut komitmen yang tinggi terhadap penyelenggaraan pendidikan yang bermutu. Evaluasi diri merupakan salah satu cara untuk memantau mutu institusi pendidikan. Oleh karena itu fakultas kedokteran universitas OKE melakukan evaluasi diri untuk mengevaluasi program yang sudah berjalan di FK OKE. Selain itu evaluasi diri ini juga sebagai pedoman untuk melihat perkembangan fakultas dalam rangka penyusunan perencanaan pengembangan fakultas kedepan. Dengan adanya evaluasi diri ini dapat dilakukan perubahan dan perbaikan demi kemajuan fakultas. Dalam tulisan ini, penulis akan melakukan evaluasi diri di FK OKE dengan menggunakan konsep rantai nilai pendidikan tinggi.

ISI

Rantai nilai pendidikanKonsep rantai nilai pendidikan tinggi menyatakan bahwa harus ada pertambahan nilai yang diberikan oleh perguruan tinggi untuk mahasiswa dan berbagai pihak yang menggunakan jasa perguruan tinggi. Nilai bagi pengguna terutama dirasakan dari aktifitas pelayanan yang mencakup: pelayanan sebelum masuk kampus, pelayanan dikampus, sampai pada pelayanan setelah pengguna meninggalkan kampus. Setiap aktifitas pelayanan mempunyai benchmark internasional ataupun nasional. Untuk memenuhi benchmark tersebut produk pelayanan perguruan tinggi perlu didukung oleh berbagai aktifitas manajemen pendukung , antara lain:

1. Peningkatan Kualitas dan Relevansi Program Pendidikan Sarjana serta Peningkatan Kualitas dan Relevansi Penelitian dan Pelayanan Pada Masyarakat .

2. Pengelolaan Fakultas yang Efisien dan Produktif.

3. Penyediaan Sarana dan Prasarana yang mendukung mutu.

4. Pengembangan Kemandirian Organisasi dan Jaringan

 

Disamping itu dibutuhkan budaya organisasi yang mendukung, dan struktur organisasi yang baik.

3 = Sudah berjalan
2 = Belum dipikirkan sama sekali
1 = Sdh ada renc tetapi blm jalan

A. Aktifitas pelayanan:

Kegiatan 1 2 3 4
1. Kegiatan sebelum mahasiswa masuk di kampus, misal seleksi mahasiswa     V  
2. Kegiatan pendidikan di kampus, termasuk di tempat praktek kerja     V  
3. Kegiatan pasca lulus V      
4. Kegiatan penelitian     V  
5. Kegiatan konsultasi     V  

Nilai Rata-rata : 2, 8

B. Aktifitas Pendukung: B.1. Peningkatan kualitas dan relevansi FK OKE serta peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pelayanan pada masyarakat.

Program yang dilakukan oleh FK OKE untuk peningkatan mutu pendidikan, penelitian, dan pelayanan pada masyarakat dilakukan melalui berbagai unit.

No

Kegiatan

1

2

3

4

1. Unit Perpustakaan     V  
2. Unit pelayanan informatika   V    
3. Unit pendidikan     V  
4. Unit jaminan mutu   V    
5. Unit penelitian     V  
6. Unit produksi pembelajaran V      
7. Unit pelayanan masyarakat     V  

Nilai Rata-rata : 2,4

B.2. Pengembangan pengelolaan jurusan / fakultas yang efisien dan produktif

Pengembangan pengelolaan FK OKE agar menjadi efisien dan efektif terutama dilakukan dengan meningkatkan mutu pengelolaan keuangan dan sumber daya manusia serta system informasinya.

No

Kegiatan

1

2

3

4

1. Sistem manajemen keuangan, termasuk aspek pembiayaan lembaga     V  
2. Sistem manajemen sumber daya manusia   V    
3. Sistem informasi manajemen untuk pendidikan   V    

Nilai Rata-rata : 2,3

B.3. Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung mutu

Untuk mendukung proses pendidikan, pelatihan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbagai sarana dan prasarana dibutuhkan oleh FK OKE. Berbagai sarana tersebut antara lain:

No

Kegiatan

1

2

3

4

1. Pengelola gedung   V    
2. Pengelola taman   V    
3. Pengelola parkir   V    
4. Pengelola kantin   V    
5. Pengelola travel agent V      
6. Pengelola toko buku dan kebutuhan mahasiswa V      
7. Pengelola sarana teknologi komputer   V    

Nilai Rata-rata : 1,7

B.4. Pengembangan Kemandirian Organisasi dan Jaringan Kerjasama Fakultas kedokteran universitas OKE perlu meningkatkan sumber dana dari berbagai pihak dan mengembangkan jaringan dengan lembaga lain. Kegiatan ini dapat berupa kerjasama dengan sumber-sumber dana penelitian, atau berbagai organisasi lain. Kegiatan dilakukan oleh berbagai unit sebagai berikut :

No

Kegiatan

1

2

3

4

1. Urusan kerjasama dengan pihak luar   V    
2. Unit humas dan pemasaran V      
3. Bagian hubungan alumni V      

Nilai Rata-rata : 1,3

Nilai Rata-rata akhir Penilaian Keseluruhan (Minimal 1, Maksimal 4)

No

Kegiatan

Nilai

Kegiatan Pelayanan
  • 1.
Sebelum masuk kampus 3
  • 2.
Selama di kampus 3
  • 3.
Setelah lulus 1
  • 4.
Kegiatan penelitian 3
  • 5.
Kegiatan Pelatihan 3
Kegiatan Pendukung
  • 1.
Peningkatan Kualitas dan Relevansi Program Pendidikan Sarjana dan Pascasarjana serta Peningkatan Kualitas dan Relevansi Penelitian dan Pelayanan Pada Masyarakat. 2,4
  • 2.
Pengelolaan Jurusan yang efisien dan efektiv 2,3
  • 3.
Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung mutu 1,7
  • 4.
Pengembangan Kemandirian Organisasi dan Jaringan Kerjasama 1,3

Struktur Organisasi Lembaga Pendidikan Tinggi

Sruktur organisasi FK OKE saat ini masih perlu diperbaiki untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelayanan yang semakin berkembang. Penerapan struktur organisasi yang ada sekarang dirasakan kurang sesuai dengan prinsip manajemen organisasi.

Budaya Kerja Lembaga Pendidikan Tinggi

Fakultas kedokteran universitas OKE belum memiliki budaya organisasi yang kuat. Hal ini dirasakan dari banyaknya konflik di dalam yang sulit diatasi. Iklim kerja di FK OKE juga masih belum baik. Hal ini dapat dilihat dari kedatangan dosen yang jarang ke kampus. Staf non akademik juga sering datang terlambat kerja.

PRIORITAS MASALAH

Berdasarkan hasil evaluasi diri FK OKE, didapatkan beberapa prioritas masalah yang perlu diselesaikan untuk menunjang proses belajar dan mengajar. Prioritas masalah tersebut adalah sebagai berikut :

  • A. Aktivitas Pelayanan
  1. Kegiatan sebelum mahasiswa masuk di kampus, misal seleksi mahasiswa
  2. Kegiatan pendidikan di kampus, termasuk di tempat praktek kerja
  3. Kegiatan penelitian
  • B. Aktifitas Pendukung

B.1. Peningkatan kualitas dan relevansi FK OKE serta peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pelayanan pada masyarakat.

  • 1. Unit Perpustakaan
  • 2. Unit pendidikan
  • 3. Unit pelayanan informatika
  • 4. Unit jaminan mutu
  • 5. Unit penelitian
  • 6. Unit produksi pembelajaran
  • 7. Unit pelayanan masyarakat

B.2. Pengembangan pengelolaan jurusan / fakultas yang efisien dan produktif

  1. Sistem manajemen keuangan, termasuk aspek pembiayaan lembaga
  2. Sistem manajemen sumber daya manusia
  3. Sistem informasi manajemen untuk pendidikan

B.3. Penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung mutu

  1. Pengelola kantin
  2. Pengelola toko buku dan kebutuhan mahasiswa
  3. Pengelola sarana teknologi komputer

B.4. Pengembangan Kemandirian Organisasi dan Jaringan Kerjasama 1. Urusan kerjasama dengan pihak luar

KESIMPULAN

Hasil evaluasi diri FK OKE dengan menggunakan konsep rantai nilai pendidikan tinggi didapatkan nilai dari kegiatan pelayanan mayoritas adalah 3 yang artinya kegiatan pelayanan sudah berjalan kecuali untuk kegiatan pelayanan setelah lulus nilainya 1 (belum dipikirkan sama sekali). Sedangkan nilai kegiatan pendukung masih jauh dari harapan. Hal ini terlihat dari nilai peningkatan kualitas dan relevansi program pendidikan sarjana serta peningkatan kualitas dan relevansi penelitian dan pelayanan pada masyarakat adalah 2,4; pengelolaan jurusan yang efisien dan efektiv adalah 2,3; penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung mutu adalah 1,7; serta pengembangan kemandirian organisasi dan jaringan kerjasama adalah 1,3. Sruktur organisasi FK OKE saat ini masih perlu diperbaiki untuk mengakomodir kebutuhan-kebutuhan pelayanan yang semakin berkembang. Iklim kerja di FK OKE juga masih belum baik. Dengan adanya hasil evaluasi diri ini maka dapat dilakukan perubahan dan perbaikan demi kemajuan FK OKE yang akan dituangkan dalam rencana strategis (renstra) FK OKE.

DAFTAR PUSTAKA

1. Modul Manajemen Strategik Di Perguruan Tinggi. IKM FK UGM

2 thoughts on “CONTOH EVALUASI DIRI BERDASARKAN RANTAI NILAI PENDIDIKAN TINGGI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS OKE

  1. apakah saya bisa minta file tulisan anda secara lengkap, coz mau saya buat referensi skripsi saya….trima kasih….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s