Lanjutan Analisa Area Kompetensi Pengelolaan Informasi

Lanjutan Analisa Area Kompetensi Pengelolaan Informasi

Zulharman

Artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang area kompetensi dokter yang keenam yaitu Area Pengelolaan  Informasi .(lihat disini)

Nah sekarang saya ingin membahas untuk komponen kompetensi ini khusus untuk poin  6.5.2. Lulusan Dokter Mampu, yaitu

3.    Memanfaatkan informasi kesehatan

 

  • Memasukkan dan menemukan kembali informasi dan database dalam praktik kedokteran secara efisien
  • Menjawab pertanyaan yang terkait dengan praktek kedokteran dengan menganalisis arsipnya
  • Membuat dan menggunakan rekam medis untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan

Seiring dengan perkembangan teknologi komputerisasi khususnya dalam proses pemrosesan database, bentuk nyata seperti apakah yang mungkin diterapkan untuk memfasilitasi mahasiswa kedokteran untuk meraih kompetensi ini?

Berikut ini adalah bentuk fasilitasi yang mungkin diberikan :

  • Untuk rotasi klinik di rumah sakit mungkin saja dengan memberikan kesempatan kepada para koas untuk belajar di bagian rekam medik rumah sakit. Disini mereka dapat belajar bagaimana memasukkan dan menemukan informasi mengenai pasien mereka. Karena kemungkinan besar sebagian besar rumah sakit telah memiliki sistem berbasis  komputerisasi maka mereka akan belajar memasukkan dan menemukan kembali informasi dan database dalam praktik kedokteran secara efisien melalui sistem komputerisasi sehinnga dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan.
  • Nah bagaimana kalau di puskesmas?. Karena umumnya sistem pengelolaan informasi di puskesmas sebagian besar masih menggunakan metode konvensional yaitu paper based (kalo salah mohon diralat), maka mahasiswa kedokteran juga harus mampu mengelola informasi ini secara efisien. Mereka harus difasilitasi bagaimana menyusun atau mengkatalogkan rekam medis pasien dalam bentuk paper based yang mudah dikelola, mudah dicari kembali dan efisien.
  • Nah bagaimana kalau di dokter praktek pribadi. Prinsipnya sama dengan yang diatas tapi mungkin masih sama yang di puskesmas masih paper based. Bagi dokter praktek pribadi yang mungkin udah memakai sistem komputerisasi ini lebih memudahkan untuk membantu mahasiswa mencapai kompetensi ini. Penulis ada saran mungkin bisa diaplikasikan di dokter pribadi. Banyak sistem informasi database yang gratis misalnya dengan menggunakan PHP-MySQL (web based application) yang dijalankan disistem LINUX. Nah kita tinggal buat applicationnya kalo mau sesuai kebutuhan kita atau cari yang gratis di internet tapi agak kaku, lalu diinstall di linux. Mengapa di linux? Karena sistem ini gratis, jadi kalo ada razia software bajakan tinggal lihatkan aja linux dengan gambar pingguinnya aman deh, klinik jadi aman ngak disweeping. Nah kalo dokter pribadinya udah pakai ini, kalo bisa sih pihak institusi membantu penyediaannya, sehingga bisa bekerjasama memagangkan mahasiswanya di praktek dokter pribadi ini. (saya pernah membahas magang di praktek pribadi disini).

Menurut saya hal-hal diatas ini perlu dipikirkan terutama untuk pengelolaan informasi di puskesmas dan praktek pribadi. Bagaimana agar pengelolaan informasi di praktek pribadi ini atau dipuskesmas jadi efisien dan effektif.

Untuk sekedar tambahan saja sekarang ini kita sudah bisa meletakkan rekam medis di GOOGLE melalui internet. Nah ini lebih besar lagi tuntutan kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang dokter nantinya karena berhubungan dengan sistem sekuritas data kata orang IT. Tapi ya ini mungkin untuk negara maju, yang penting kita benahi aja dari yang kecil dulu ….

 

DAFTAR REFERENSI

1.        ——, 2006. Standar Kompetensi Dokter . KKI, Jakarta.

5 thoughts on “Lanjutan Analisa Area Kompetensi Pengelolaan Informasi

  1. ikut STROMA yuk dok?ntar ketemu ma cak moki,dr.dani,dr.erik..sama2 med iT pioner..siapa tau pnya gagasan untk pdidikn kdokteran?

  2. @ Sibermedik

    Sebenarnya kemarin saya ditawarin dr. Widyandana untuk mengantikannya jadi pembicara untuk medical simulation, namun saya udah dikejar untuk segera ngurus thesis, yah ngak apa-apalah. Semoga sukses STROMA nya.

  3. wah dokter Zulharman sekarang sibuk sekali, sampai jarang bisa diskusi lagi mengenai medical education, terutama e learning.. semoga suksess yah!😉

    doni

  4. @widyandana
    Terimakasih atas kunjungannya Boss.
    Jangan lupa ngisi blognya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s