IDENTIFIKASI PERAN STAF EDUKASI YANG DIBUTUHKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS OKE DALAM RANGKA PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. (UPDATE)

Zulharman

Mahasiswa S2 Ilmu Pendidikan Kedokteran FK UGM

A. Latar Belakang

Penerapan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dengan strategi pendekatan problem based learning (PBL) merupakan sebuah inovasi pendidikan kedokteran yang sedang dikembangkan di Indonesia. Fakultas kedokteran universitas OKE telah memulai menerapkan kurikulum ini pada tahun ajaran 2007. Fakultas kedokteran OKE sebagai institusi pendidikan kedokteran yang baru berumur beberapa tahun dari sejak pendiriannya, harus segera tanggap dan belajar untuk menghadapi penerapan kurikulum baru ini.

Sumber daya manusia khususnya staf edukasi merupakan salah satu komponen utama dalam penerapan kurikulum ini, dimana peran dan tugas mereka ada yang mengalami perubahan sedikit atau bahkan perubahan total. Oleh karena itu, agar penerapan kurikulum baru ini berjalan lancar maka diperlukan pelatihan dan pengembangan staf. Dalam tulisan ini penulis akan mencoba mengidentifikasi peran-peran yang diperlukan dalam pelaksanaan kurikulum baru ini.

B. Identifikasi Peran

Identifikasi peran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan KBK dilakukan dengan pendekatan pengelompokkan peran berdasarkan peran dosen dalam pengembangan kurikulum, pengembangan teaching & learning, pengembangan learning resources, pengembangan assessment serta operasional kegiatan dalam situasi di skill laboratorium, Blok (PBL), laboratorium Biomedis dan rotasi klinik (clinical rotation). Setelah peran-peran ini diidentifikasi, maka selanjutnya dilakukan deskripsi peran ini dengan menggunakan format berdasarkan willem de Graave dimana dibagi ke dalam empat role.

Pengembangan Kurikulum

ü Pengembang kurikulum PBL

ü Pengembang kurikulum skill lab

ü Pengembangan kurikulum rotasi klinik

Pengembangan Teaching & Learning

ü Tutor

ü Interactive lecture

ü Pakar

ü Instruktur laboratorium ketrampilan klinik

ü Instruktur praktikum Biomedis

ü Supervisor rotasi klinik

Pengembangan Learning Resources

· PBL

ü Pengembang buku Blok

· Skill lab

ü Pengembang petunjuk lab skils

ü Koordinator peralatan lab skils & Koordinator pasien simulasi lab skils

· Praktikum Biomedis

ü Pengembang petunjuk praktikum laboratorium Biomedis

ü Koordinator peralatan laboratorium Biomedis

· Rotasi klinik

ü Pengembang petunjuk rotasi klinik

ü Koordinator peralatan rotasi klinik

Pengembangan Assessment

· PBL

ü Pengembang sistem penilaian PBL

· Skill lab

ü Pengembang sistem penilaian skill lab.

ü Penguji ujian skill lab

· Clinical Rotation

ü Pengembang sistem penilaian rotasi klinik

ü Penguji ujian rotasi klinik

Pengembangan Operasional

ü Koordinator Blok

ü Koordinator Fase

ü Koordinator Skill Lab

ü Koordinator Laboratorium Biomedis

ü Koordinator rotasi klinik

ü Ketua MEU

ü PD I

ü Dekan

KATEGORI

ROLE

A- Roles

Tutor

Interactive lecture

Pakar

Instruktur skill lab

Supervisor rotasi klinik

Penguji ujian skill lab

Penguji ujian rotasi klinik

B- Roles

Pengembang Buku Blok PBL

Pengembang petunjuk praktikum laboratorium ketrampilan klinik

Pengembang petunjuk praktikum laboratorium Biomedis

Pengembang petunjuk rotasi klinik

Koordinator pasien simulasi dan peralatan laboratorium ketrampilan klinik

Koordinator peralatan laboratorium Biomedis

Koordinator peralatan rotasi klinik

Pengembang sistem penilaian skill lab

Pengembang sistem penilaian PBL

Pengembang ujian rotasi klinik

Koordinator ICT

C- Roles

Pengembangan kurikulum skill lab

Pengembangan kurikulum Blok PBL

Pengembangan kurikulum rotasi klinik

Koordinator Blok

Koordinator Fase

Koordinator Skill Lab

Koordinator Laboratorium Biomedis

Koordinator Clinical Rotation

D- Roles

Ketua MEU

Wakil Dekan Bidang Akademik

Dekan

KATEGORI A – ROLES

Kontek : Tutor

Deskripsi tugas :

1. Berperan dalam diskusi kelompok kecil sebagai fasilitator.

2. Membantu mengembangkan tingkat kemandirian kelompok.

3. Menilai fungsi dinamika kelompok

4. Membantu proses refleksi dalam kelompok

5. Membantu menyelesaikan krisis kelompok

6. Membantu identifikasi sumber belajar.

7. Menilai terhadap proses dan pencapaian belajar mahasiswa selama tutorial dan memberikan konstruktif feedback.

Kompetensi dasar :

Untuk menjalankan perannya maka seorang Tutor harus memiliki kompetensi :

1. Menguasai learning outcome blok yang di diskusikan dan garis besar materi yang ada di dalam blok.

2. Menguasai metode seven jumps dalam diskusi tutorial.

3. Mampu berkomunikasi efektif.

4. Mampu mengembangkan dinamika kelompok.

5. Mampu menilai tingkat kemandirian mahasiswa sehingga mampu memfasilitasi diskusi sesuai dengan tingkat kemandirian mahasiswa.

6. Mampu menjelaskan sumber-sumber belajar yang tersedia.

7. Mampu memberikan penilaian terhadap proses dan pencapaian belajar mahasiswa selama tutorial dan mampu memberikan konstruktif feedback.

Seleksi : Tutor diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta Koordinator Blok

Kategori : A – Role

Kontek : Interactive Lecture.

Deskripsi Tugas :

1. Memberi kuliah overview blok secara interaktif.

2. Memberi kuliah panel pada akhir blok.

Kompetensi Dasar :

Untuk menjalankan perannya dalam memberikan Interactive Lecture maka seorang dosen harus memiliki kompetensi :

1. Memiliki keahlian keilmuan yang akan disampaikan.

2. Mampu merancang kuliah berdasarkan Instructional Design dan learning outcome blok.

3. Mampu berkomunikasi efektif dan memberikan constructive feedback

4. Mampu menerapkan konsep multimedia dalam penyampaian informasi.

5. Mampu membuat presentasi kuliah dengan Microsoft power point yang menarik dan interaktif

Seleksi : Diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator Blok

Kategori : A – Role

Kontek : Pakar

Deskripsi Tugas : Dosen berperan sebagai pakar bila mahasiswa ingin konsultasi mengenai masalah dalam modul PBL.

Kompetensi Dasar :

Untuk menjalankan perannya dalam memberikan konsultasi pakar maka seorang dosen harus memiliki kompetensi :

1. Memiliki keahlian keilmuan yang akan disampaikan.

2. Memahami learning outcome blok yang di diskusikan.

3. Mampu berkomunikasi efektif

4. Mampu memberikan constructive feedback

Seleksi : diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta Koordinator Blok

Kategori : A – Role

Kontek : Instruktur Skill Lab.

Deskripsi Tugas :

1. Mengajarkan ketrampilan klinik kepada mahasiswa.

2. Memberikan penilaian terhadap pencapaian belajar mahasiswa dan mampu memberikan konstruktif feedback.

Kompetensi Dasar :

Untuk menjalankan perannya maka seorang Instruktur Skill Lab harus memiliki kompetensi :

1. Memiliki keilmuan dalam bidang ketrampilan klinik yang akan diajarkan.

2. Mampu mendemonstrasikan ketrampilan klinik dengan benar.

3. Mampu berkomunikasi efektif.

4. Mampu memberikan penilaian terhadap pencapaian belajar mahasiswa dan mampu memberikan konstruktif feedback.

Seleksi : Instruktur skill lab diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta coordinator skill lab berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu semester ( 6 bulan)

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta coordinator skill lab

Kategori : A – Role

Kontek : Supervisor rotasi klinik

Deskripsi Tugas : bertugas sebagai supervisor di rotasi klinik.

Kompetensi Dasar :

1. Memahami tugas dan fungsi supervisor klinik dan penguji ujian rotasi klinik.

2. Mampu berkomunikasi efektif.

3. Mampu merancang berbagai metode belajar dan metode sistem penilaian dalam sesi bimbingan untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan.

4. Mampu memberikan penilaian terhadap proses dan pencapaian belajar mahasiswa dan mampu memberikan konstruktif feedback.

Seleksi : Penguji PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta coordinator rotasi klinik berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu semester ( 6 bulan)

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta coordinator rotasi klinik

Kategori : A – Role

Kontek : Penguji ujian skill lab

Deskripsi Tugas :

Penguji ujian skill lab bertugas sebagai penguji ujian skill lab yaitu OSCE.

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keahlian skill yang diujikan.

2. Mengetahui prinsip sistem penilaian di skill labs.

Seleksi : Penguji ujian skill lab diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator skill lab berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu semester ( 6 bulan)

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator skill lab

Kategori : A – Role

Kontek : Penguji ujian rotasi klinik

Deskripsi Tugas : bertugas sebagai penguji ujian di rotasi klinik.

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keahlian skill yang diujikan.

2. Mengetahui prinsip sistem penilaian di rotasi klinik.

Seleksi : Penguji ujian rotasi klinik diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator rotasi klinik berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu semester ( 6 bulan)

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator rotasi klinik

Kategori : A – Role

KATEGORI B – ROLES

Kontek : Pengembang buku petunjuk praktikum laboratorium skill lab

Deskripsi Tugas : Mengembangkan buku petunjuk laboratorium skill lab

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan buku petunjuk lab skill yang akan dibuat.

2. Memiliki pengetahuan mengenai cara membuat buku petunjuk/study guide lab skill yang benar.

Seleksi : Pengembang buku petunjuk praktikum laboratorium skill lab diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu buku petunjuk skill lab

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang buku blok PBL

Deskripsi Tugas : Mengembangkan buku blok PBL

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan buku blok PBL yang akan dibuat.

2. Memiliki pengetahuan mengenai cara membuat buku blok PBL yang benar.

Seleksi : Pengembang buku blok PBL diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu buku blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis

Deskripsi Tugas : mengembangkan buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis yang akan dibuat.

2. Memiliki pengetahuan mengenai cara membuat buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis yang benar.

Seleksi : Pengembang buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu buku petunjuk praktikum laboratorium Biomedis

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang buku petunjuk rotasi klinik

Deskripsi Tugas : Mengembangkan buku petunjuk rotasi klinik

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan buku petunjuk rotasi klinik yang akan dibuat.

2. Memiliki pengetahuan mengenai cara membuat buku petunjuk rotasi klinik yang benar.

Seleksi : Pengembang buku petunjuk rotasi klinik diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu buku petunjuk rotasi klinik (per bagian)

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang sistem penilaian skill lab

Deskripsi Tugas : Mengembangkan sistem penilaian di skill lab

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan ketrampilan yang akan dinilai.

2. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian di skill lab.

Seleksi : Pengembang sistem penilaian skill lab diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang sistem penilaian PBL

Deskripsi Tugas : Mengembangkan sistem penilaian PBL

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan yang akan dinilai.

2. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian di PBL.

Seleksi : Pengembang sistem penilaian PBL diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Pengembang sistem penilaian di rotasi klinik

Deskripsi Tugas : Mengembangkan sistem penilaian di rotasi klinik

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki bidang keilmuan sesuai dengan yang akan dinilai.

2. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian di rotasi klinik

Seleksi : Instruktur klinik diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator rotasi klinik

Kategori : B – Role

Kontek : Koordinator ICT

Deskripsi Tugas :

Peran seorang dosen koordinator ICT adalah sebagai manajer dalam penerapan ICT di dalam proses belajar-mengajar. Peran dosen sebagai manajer ICT akan di bantu oleh tenaga teknisi komputer dan tenaga perpustakaan. Peran koordinator ICT ini sebagai penghubung antara dosen yang membuat konten pembelajaran dengan tenaga teknisi yang membuat media pembelajarannya. Hal ini perlu dalam rangka menghilangkan ketidaksesuaian antara keinginan dosen yang membuat konten pembelajaran dengan tenaga teknisi yang membuat media karena latarbelakang pengetahuan yang berbeda. Peran dosen disini tidak harus mampu membuat Learning Manajemen system dan Computer Assist Learning (CAL) karena dalam pembuatannya sudah ada tenaga teknisi komputer. Peran dosen disini adalah sebagai coordinator dalam memanajemen ICT.

Kompetensi Dasar :

Untuk menjalankan perannya sebagai koordinator ICT maka harus memiliki kompetensi :

1. Mampu memanajemen Local Area Network (LAN) dan jaringan internet dalam proses belajar-mengajar.

2. Mampu memanajemen Learning Management System seperti Moodle

3. Mampu memanajemen Computer Assist Learning (CAL) dalam pembelajaran.

4. Mampu memanajemen Digital Library.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : lima tahun

Evaluator : Dekan, PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : B – Role

Kontek : Koordinator pasien simulasi dan peralatan laboratorium skill lab

Deskripsi Tugas : Mengatur ketersediaan pasien simulasi dan peralatan laboratorium skill lab

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki pengetahuan mengenai pasien simulasi

2. Memiliki pengetahuan mengenai peralatan laboratorium skill lab

3. Manajemen dan leadership

Seleksi : Koordinator pasien simulasi dan peralatan laboratorium skill lab diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU serta koordinator skill lab

Kategori : B – Role

Kontek : Koordinator peralatan laboratorium Biomedis

Deskripsi Tugas : Mengatur ketersediaan peralatan laboratorium Biomedis

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki pengetahuan mengenai peralatan laboratorium Biomedis

2. Manajemen dan leadership

Seleksi : Koordinator peralatan laboratorium Biomedis diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

Kontek : Koordinator peralatan rotasi klinik

Deskripsi Tugas : Mengatur ketersediaan peralatan rotasi klinik

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki pengetahuan mengenai peralatan rotasi klinik

2. Manajemen dan leadership

Seleksi : Instruktur klinik diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU

Kategori : B – Role

KATEGORI C – ROLES

Kontek : Pengembang kurikulum PBL

Deskripsi Tugas :

1. Menyusun kurikulum PBL

2. Mengevaluasi kurikulum PBL

3. Merevisi kurikulum PBL

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kemampuan menyusun makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum PBL.

2. Memiliki pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti SPICES, horizontal integration, vertical integration dan spiral.

3. Memiliki pengetahuan mengenai kurikulum berbasis kompetensi.

4. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam kurikulum PBL.

5. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam kurikulum PBL.

6. Menguasai learning outcome dari 7 area kompetensi dan mampu mendistribusikannya ke dalam blok-blok.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Lima tahun

Evaluator : Dekan, PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

Kontek : Pengembang kurikulum skill lab

Deskripsi Tugas :

1. Menyusun kurikulum skill lab

2. Mengevaluasi kurikulum skill lab

3. Merevisi kurikulum skill lab

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kemampuan menyusun makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum skill lab.

2. Memiliki pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti horizontal integration, vertical integration dan spiral.

3. Memiliki pengetahuan mengenai kurikulum berbasis kompetensi.

4. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam kurikulum skill lab.

5. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam kurikulum skill lab.

6. Menguasai learning outcome dari 7 area kompetensi dan mampu mendistribusikannya ke dalam blok-blok.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Lima tahun

Evaluator : Dekan, PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

Kontek : Pengembang kurikulum rotasi klinik

Deskripsi Tugas :

1. Menyusun kurikulum rotasi klinik

2. Mengevaluasi kurikulum rotasi klinik

3. Merevisi kurikulum rotasi klinik

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kemampuan menyusun makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum rotasi klinik.

2. Memiliki pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti SPICES, horizontal integration, vertical integration dan spiral.

3. Memiliki pengetahuan mengenai kurikulum berbasis kompetensi.

4. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam kurikulum rotasi klinik.

5. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam kurikulum rotasi klinik

6. Menguasai learning outcome dari 7 area kompetensi dan mampu mendistribusikannya ke dalam blok-blok.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Dua tahun

Evaluator : Dekan, PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

Kontek : Koordinator Blok

Deskripsi Tugas :

1. Mengkoordinir tim blok.

2. Melaporkan pelaksanaan blok kepada koordinator fase.

3. Mengevaluasi pelaksanaan blok bersama koordinator fase.

Kompetensi Dasar :

1. Manajemen dan leadership.

2. Memiliki keilmuan dalam blok yang dikoordinirnya.

3. Memiliki kemampuan menyusun mesokurikulum dan mikrokurikulum rotasi klinik.

4. Memiliki pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti SPICES, horizontal integration, vertical integration dan spiral.

5. Memiliki pengetahuan mengenai kurikulum berbasis kompetensi.

6. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam blok.

7. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam blok

8. Menguasai learning outcome dari blok.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : satu blok

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

Kontek : Koordinator Phase

Deskripsi Tugas :

1. Mengkoordinir koordinator blok.

2. Melaporkan pelaksanaan fase kepada PD 1.

3. Mengevaluasi pelaksanaan fase.

Kompetensi Dasar :

1. Manajemen dan leadership.

2. Memiliki keilmuan dalam fase yang dikoordinirnya.

3. Memiliki kemampuan menyusun makrokurikulum, mesokurikulum dan mikrokurikulum rotasi klinik.

4. Memiliki pengetahuan mengenai istilah-istilah dalam pengembangan kurikulum seperti SPICES, horizontal integration, vertical integration dan spiral.

5. Memiliki pengetahuan mengenai kurikulum berbasis kompetensi.

6. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam fase.

7. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam fase

8. Menguasai learning outcome dari fase.

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : satu phase

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

Kontek : Koordinator Skill Lab

Deskripsi Tugas :

1. Mengkoordinir instruktur klinik.

2. Mengkoordinir standar pasien dan maneqin melalui koordinator standar pasien dan maneqin.

3. Memanajemen ruangan untuk belajar ketrampilan klinik.

4. Mengevaluasi pelaksanaan skill lab.

Kompetensi Dasar :

1. Manajemen dan leadership.

2. Mampu memanajemen instruktur skill labs untuk belajar di skill labs.

3. Mampu memanajemen standar pasien untuk belajar ketrampilan di skill labs.

4. Mampu memanajemen manekin/boneka peraga untuk belajar di skill labs.

5. Mampu memanajemen ruangan untuk belajar di skill labs.

6. Memiliki pengetahuan mengenai metode-metode belajar yang akan diterapkan dalam skill lab.

7. Memiliki pengetahuan mengenai sistem penilaian yang akan diterapkan dalam skill lab

Seleksi : Pengembang kurikulum diseleksi oleh PD I dan dibantu oleh Ketua MEU berdasarkan kompetensi yang disyaratkan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : satu periode

Evaluator : PD I dan dibantu oleh Ketua MEU.

Kategori : C – Role

KATEGORI D – Roles

Kontek : Ketua MEU

Deskripsi Tugas :

1. Mengkoordinir pengembangan kurikulum

2. Mengkoordinir evaluasi dan revisi kurikulum

3. Mengkoordinir pengembangan sistem penilaian

4. Mengkoordinir pengembangan teaching & learning

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kualifikasi S2 ilmu pendidikan kedokteran

2. Memiliki kemampuan manajemen dan leadership

3. Memiliki pengalaman dalam pengembangan pendidikan kedokteran

Seleksi : Ketua MEU diseleksi oleh Dekan dan diangkat berdasarkan SK Dekan.

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : Dekan

Kategori : D – Role

Kontek : Pembantu dekan I

Deskripsi Tugas :

1. Bertanggungjawab terhadap pelaksanaan kurikulum

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kemampuan manajemen dan leadership

2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan pendidikan kedokteran

Seleksi : Senat Fakultas dan Dekan

Masa Tugas : Satu periode

Evaluator : Senat fakultas

Kategori : D – Role

Kontek : Dekan

Deskripsi Tugas :

1. Bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan kedokteran

Kompetensi Dasar :

1. Memiliki kemampuan manajemen dan leadership

2. Memiliki pengalaman dalam pengembangan pendidikan kedokteran

Seleksi : Senat fakultas

Masa Tugas : Satu blok

Evaluator : Senat fakultas

Kategori : D – Role

KESIMPULAN

Dari identifikasi peran yang dibutuhkan untuk pelaksanaan KBK diperoleh 3 peran untuk pengembangan kurikulum, 6 peran untuk pengembangan teaching & Learning, 7 peran untuk pengembangan learning resources, 5 peran untuk pengembangan assessment serta 8 peran untuk operasional kegiatan. Setelah peran-peran ini diidentifikasi, maka selanjutnya dilakukan deskripsi peran ini dengan menggunakan format berdasarkan willem de Graave dimana dibagi ke dalam empat role meliputi 7 peran dalam kategori role A, 11 peran dalam kategori role B, 8 peran dalam kategori role C, dan 3 peran dalam kategori role D.

DAFTAR PUSTAKA

1. Dent JA, Harden RM, Editors. A Practical Guide For Medical Teachers. Elsevier Churchill Livingstone, 2006.

2. Amin Z, Eng KH. Basics in Medical Education. Singapore: World Scientific Publishing, 2003.

3. Hays, R. Teaching and Learning in Clinical Setting. United Kingdom : Radcliffe Publishing Ltd. 2006.

4. Willem de Graave. Slide presentation.

5. Steiner Y (1993). “Faculty Development in Family Medicine: a Reassesment”. Canadian Family Physician 39:1917-1922

3 thoughts on “IDENTIFIKASI PERAN STAF EDUKASI YANG DIBUTUHKAN FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS OKE DALAM RANGKA PELAKSANAAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI. (UPDATE)

  1. @ Dani
    Ntar saya buatin PDF nya mas, karena masih ada seri lanjutannya tentang pengembangan staf ini. Mau ngasih plugin biar bisa langsung dikonverter jadi PDF ternyata wordpress ngak bisa ya : )

  2. untuk dapat membuat inovasi pendidikan kedokteran memang harus belajar s2 dulu ya dok dan harus punya gelar Master medical education…hebat…bagaimana dengan inovasi pendidikan di luar negeri?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s