Self Directed Learning (SDL) / Belajar mandiri

Pengertian SDL bervariasi menurut pendapat beberapa pakar. Knowles (1975, disitasi oleh O’Shea, 2003) mendefinisikan SDL adalah sesuatu proses dimana seseorang memiliki inisiatif, dengan atau tanpa bantuan orang lain, untuk menganalisis kebutuhan belajarnya sendiri, merumuskan tujuan belajarnya sendiri, mengidentifikasi sumber–sumber belajar, memilih dan melaksanakan strategi belajar yang sesuai dan mengevaluasi hasil belajarnya sendiri. Merriam dan Caffarella (1991) mendefinisikan SDL adalah sesuatu metode belajar di mana pelajar mempunyai tanggung jawab yang utama dalam perencanaan, pelaksanakan dan penilaian hasil belajar.

Brockett dan Hiemstra (1991) mengemukakan beberapa pernyataan untuk meluruskan pandangan mengenai SDL yaitu, SDL bersifat kontinuitas, tidak benar SDL mengambarkan suatu proses belajar dalam isolasi, tidak benar SDL menghabiskan lebih banyak waktu daripada kegunaannya, dan tidak benar aktivitas SDL hanya terbatas pada membaca dan menulis.

Contoh Penerapan.

Beberapa waktu yang lalu saya mendiagnosa kebutuhan belajar saya untuk mencari tahu bagaimana cara melakukan adaptasi terhadap instrumen yang menggunakan bahasa Inggris ke bahasa Indonesia. Karena saya sudah butuh harus tahu cara adaptasi ini (kebutuhan untuk thesis), lalu saya menetapakan tujuan belajar saya yaitu, mengetahui cara adaptasi instrumen penelitian dari luar. Kemudian saya menyusun strategi belajar untuk mencapai tujuan belajar tersebut. Saya menentukan sumber belajar yaitu internet untuk mencari literatur yang berhubungan dengan cara adaptasi instrumen penelitian dari bahasa luar. Kemudian saya pelajari dengan seksama beberapa artikel yang saya temukan. Saya lakukan critical appraisal terhadap artikel ini. Akhirnya saya telah mengetahui cara adaptasi instrumen penelitian dari bahasa luar. Langkah akhirnya saya mengevaluasi hasil belajar saya tersebut. Untuk mengevaluasi ini saya butuh teman atau guru agar penilaian benar objektif.

Contoh penerapan dalam tutorial PBL

Belajar mandiri tidak hanya terdapat dalam langkah ke enam dari seven jumps. Belajar mandiri sudah dimulai dari langkah pertama dari seven jumps hingga sampai ke langkah tujuh.

Contoh penerapan belajar mandiri dalam pengerjaan skripsi

Belajar mandiri juga dapat dilihat dalam proses pelaksanaan pembuatan skripsi.

Daftar Referensi :

O’Shea, E. (2003) Self-directed learning in nurse education: a review of literature. Journal of Advanced Nursing, 43 (1), pp. 62-70.

Brockett, RG. & Hiemstra, R. (1991) Self Direction in Adult Learning: Perspectives on Theory, Research, and Practice. London and New York: Routledge

19 thoughts on “Self Directed Learning (SDL) / Belajar mandiri

  1. satu kesimpulan yang mirip dengan saya, ketika mencoba menerpakan belajar mandiri yang salah satu komponen terpenting adalah seorang guru yang dalam tanda kutib berkompeten sehingga dapat mengevaluasi hasil yang kita kerjakan, tanpa hal ini apa yang kita pelajari belum tentu benar atau bahkan sering tersesat dijalan dan akhirnya apa yang kita pelajari hanya setengah yang diperoleh.
    jika dalam sistem kbk sendiri jika tutor tidak memilki kompoten saya ndak tau gimana jadinya hehehehe

  2. @Elyas
    Setuju , apalagi sekarang ini untuk menjadi fasilitator PBL sudah sangat dianjurkan kompeten baik dalam teknis PBL maupun konten. Ya itu supaya ngak kesesat🙂

  3. to dr. Zulharman,
    mohon maaf sebelumnya saya ucapkan, nama saya firman mahasiswa fk di mataram. saat ini saya sedang menyusun skripsi yang berhubungan dengan problem based learning dan self directed learning.
    seperti yang saya search di google, sepertinya dr Zulharman banyak menulis artikel tentang hal yang saya sebutkan diatas, untuk itu saya minta kesediaan bantuan dr. zulharman. apakah saya bisa meminta alamat email dr. zulharman supaya saya bisa mengutarakan hambatan saya dalam menyusun skripsi?
    terima kasih sebelumnya jika dr. zulharman berkenan membantu saya.

    hormat saya,,
    firman
    basong_king@yahoo.co.id

  4. @firman fk_unram

    Kebetulan Thesis saya membahas tentang SDL, ini alamat email saya dr.zulharman[at]gmail.com

  5. mohon maaf dok, saya sudah menerima pesan yang dr zulharman dan juga lampirannya, tetapi tidak dapat saya simpan dan saya buka. mungkin ada yg error dengan email account yahoo saya. mohon dikirimkan kembali namun dengan email di g mail
    basongking86[at]gmail.com
    terima kasih sebelumnya..

  6. terima kasih dok,, tadi sudah saya teruskan emailnya ke email saya yang baru di gmail. jd skrg sudah bisa dibuka. terima kasih banyak dok,

    hormat saya,

  7. TOLONG DONK PENERAPANNYA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN…TX

  8. mohon maaf dok, boleh saya minta contoh kuesioner SDLR tesisnya?
    saya diminta dr rizki supaya menghubungi dr zul untuk meminta contoh kuesioner, yang kiranya bermanfaat utk penyusunan kuesioner saya,
    trim’s

  9. asalamualaikum,,
    saya menemukan karakteristik SDL di artikel karangan hiemstra, www-distance.syr.edu/montrsdl.html. Tapi saya agak kesulitan untuk menentukan pertanyaan kuesioner saya berdasarkan karakteristik SDL hiemstra tersebut,terutama untuk problem solving orientation. Kira2 apa bisa diaplikasikan dlm belajar di kedokteran. Kemudian apa bedanya SDLR scale yang dibuat pada tesisnya dokter zul dengan kuesioner penelitian saya??

  10. @Anonymous

    Justru SDL/kemandirian dalam belajar perlu sekali diterapkan mulai dari sedini mungkin, apalagi dari SLTP. Contohnya dengan memberi satu topik projek belajar, dimana tujuan, proses dan penilaian diserahkan ke pelajar, sedangkan guru hanya sebagai fasilitator.

  11. selamat pagi dokter, perkenalkan saya farras cahya puspitha mahasiwi fk universitas lampung. mohon maaf sebelumnya dok, saya sedang menulis skripsi tentang SDL dan saya sudah mengirim email kedokter. mohon kesediaan dokter untuk membantu saya. terimakasih banyak dok

  12. selamat sore dok, saya sedang mengerjakan tesis tentang kemandirian belajar, apakah saya boleh minta contoh kuisioner tentang SDL. mohon bantuannya. terima kasih.

  13. selamat sore dok, saya sedang mengerjakan tesis tentang kemandirian belajar, apakah saya boleh minta contoh kuisioner tentang SDL. mohon bantuannya. terima kasih
    alamat email saya tantianast@gmail.com

Tinggalkan Balasan

