Best Evidence Medical Education (BEME),Pendidikan Kedokteran berbasis bukti

Apakah   Best Evidence Medical Education (BEME) ?

“Best Evidence Medical Education (BEME) is the implementation, by teachers in their practice, of methods and approaches to education based on the best evidence available.” (Harden, 1999)

Pendidikan Kedokteran berbasis bukti adalah penerapan  pendekatan dan metode  pembelajaran oleh pengajar dalam proses pendidikan kedokteran berdasarkan bukti-bukti ilmiah terbaik yang ada.

Mengapa harus BEME?

Perlunya perubahan paradigma pengembangan  pendidikan kedokteran dari berbasis opini ke arah berbasis bukti-bukti penelitian di bidang pendidikan kedokteran. Hal ini didasari karena selama ini pengembangan  pendidikan kedokteran lebih banyak berdasarkan opini atau retorika.Dengan BEME maka dalam penerapan suatu metode pembelajaran dapat dipertanggungjawabkan baik secara ilmiah maupun empiris.

Konsep BEME?

Dalam BEME, Institusi atau pengajar akan menerapkan pendekatan dan metode  pembelajaran  berdasarkan bukti-bukti penelitian  ilmiah terbaik yang ada.

Ada 6 hal untuk menilai  Evidence yang disingkat dengan QUESTS :

1. Quality : Bagaimana kualitas dari evidence tersebut?

2. Utility : Apakah sebuah metode yang akan diterapkan tersebut dapat diambil tanpa modifikasi?

3. Extent: Bagaimanakah ketersediaan dari evidencetersebut?

4. Strength:Bagaimana kekuatan evidence tersebut?

5. Target: Apakah tujuan? Apakah dapat diukur? Valid?

6. Setting: Bagaimanakah situasi atau kontek ? Relevansi?

Oleh karena  banyaknya hambatan dalam melakukan penelitian-penelitian pendidikan yang ada seperti kompleknya masalah, faktor-faktor lain yang mempengaruhi hasil penelitian, sulitnya memberi perlakuan kontrol dan blind maka dalam menilai bukti-bukti penelitian ini diperlukan profesional judgment dari Pengajar sehingga pengabungan profesional jugment ini dengan bukti-bukti penelitian yang ada akan menghasilkan sebuah keputusan yang sesuai dengan situasi ditempat masing-masing.

Kesimpulan

BEME akan membantu para Pengajar di  pendidikan kedokteran untuk membuat keputusan yang profesional,bertanggungjawab dan ilmiah dalam penerapan suatu metode atau intervensi pembelajaran berdasarkan bukti-bukti penelitian  ilmiah terbaik yang ada.

Referensi

Harden R M, Grant J, Buckley G and Hart I R (1999) BEME Guide No 1: Best Evidence

Medical Education. Medical Teacher 21, 6, pp 553-562

http://www.medev.ac.uk/resources/features/AMEE_summaries/BEME1.pdf.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s