Penelitian I : Bagaimana mencari Topik masalah penelitian di bidang pengembangan pendidikan kedokteran

Perkembangan topik penelitian akhir-akhir ini mulai banyak dilirik mengenai pengembangan pendidikan kedokteran itu sendiri. Oleh karena topik ini menurut saya masih baru maka perlu mendapat perhatian.

Sebuah penelitian berangkat dari masalah. Masalah adalah kesenjangan antara harapan (das sollen) dan kenyataan (das sein). Masalah juga dapat diartikan kesenjangan antara yang seharusnya dengan yang ada atau terjadi. Masalah penelitian di bidang pengembangan pendidikan kedokteran dapat meliputi masalah yang ada dalam pengembangan kurikulum, masalah dalam penerapan suatu metode pembelajaran, masalah sarana dan prasarana pembelajaran, masalah sistem penilaian serta masalah yang ada dalam pengembangan pembelajaran di klinik. Dalam mencari masalah ini, saya menyarankan agar mahasiswa melakukan penelitian pendahuluan di lapangan untuk mencari kesenjangan atau masalah apa yang mau diangkat. Penelitian pendahuluan ini sangat bermanfaat dalam membantu menyusun kata-kata dalam latar belakang masalah. Latar belakang masalah yang berasal dari kesenjangan dari yang seharusnya dan perlu dicari solusi pemecahannya sangat perlu untuk diangkat menjadi topik penelitian. Hal yang perlu diingat bahwa masalah pengembangan pendidikan sangat komplek sehingga mengapa perlu diadakan studi pendahuluan untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan lalu memfokuskan pada satu masalah dan merumuskannya menjadi topik penelitian yang layak diangkat. Dengan menggadakan studi pendahuluan juga dapat membantu dalam menjustifikasi betapa perlu dan bermanfaatnya hasil penelitian yang akan dilakukan, sehingga dosen pembimbing penelitian akan langsung menyetujui topik penelitian yang akan diajukan.

Studi pendahuluan dapat dilakukan dengan cara observasi langsung di lapangan, menggunakan kelompok diskusi terarah (FGD/Focus Group Discussion), studi literatur, wawancara mendalam, analisis konten dari dokumen-dokumen.

Contoh :

1. Penerapan KBK seharusnya mahasiswa memiliki prestasi belajar yang baik, namun setelah dilakukan studi pendahuluan, ternyata kok prestasi belajarnya malah menurun. Maka timbul pertanyaan faktor-faktor apakah yang menyebabkan kesenjangan ini terjadi.

2. Penerapan PBL seharusnya menghasilkan mahasiswa yang self directed learning, critical thingking dan self reflection. Namun setelah dilakukan evaluasi kok tidak nampak ya. Maka timbul masalah mengapa ini tidak sesuai dengan yang diharapkan, dan bagaimana pemecahannya.

(Bersambungā€¦..)

5 thoughts on “Penelitian I : Bagaimana mencari Topik masalah penelitian di bidang pengembangan pendidikan kedokteran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s