Syarat menjadi mahasiswa kedokteran

Syarat Umum :

1. Beriman dan Bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa

2. Setia kepada Pancasila dan UUD 1945

Sekarang baru syarat khususnya :

1. Memiliki motivasi dari dalam diri sendiri untuk menjadi dokter. Bukan motivasi dari luar. Misalnya motivasi dari luar karena suruhan ortu, karena ingat pepatah kalau jadi dokter nanti bisa rumah bertingkat, mobil mengkilat.

2. Memiliki IQ minimal rata-rata atau di atas rata2. Hal ini sangat perlu untuk modal penalaran klinik. Kalau IQ dibawah rata2 seringnya bila disuruh menalar kasus PBL (problem based learning) seringnya “Jaka sembung naik ojek, ngak nyambung Jek.”

3. Memiliki locus of control yang positif. Artinya sadar bahwa hasil sesuatu pekerjaan tergantung pada usaha dirinya sendiri.

4. Memiliki efikasi diri yang kuat. Anda adalah apa yang anda pikirkan. Anda harus mampu berpikir bisa untuk bisa. Buang pikiran tidak bisa sebelum mencoba sesuatu.

5. Memiliki mental yang kuat. Karena dengan sistem Kurikulum berbasis kompetensi banyak sekali masalah-masalah akademik dan non akademik yang perlu dihadap dengan mental yang sehat/stabil. Tidak boleh cengeng dan minder.

6. Memiliki fisik yang kuat. Karena belajarnya membutuhkan stamina dan kebugaran yang oke. Jangan sampai belajar sudah mati-matian selama satu bulan, ternyata waktu pas mau ujian koit karena sakit.

7. ……..

8……..

Sekian dulu, nanti ditambahkan, kalu ada masukan lainnya silahkan di komentari

65 thoughts on “Syarat menjadi mahasiswa kedokteran

  1. ngak hanya fisik aja yang kuat tapi harus jadi orang yang pembarani dalam menangani masalah,,,
    ya ngak….
    semoga aja aku bisa masuk kedokteran tahun depan….
    AMIN

  2. Kalau misalkan ada salah satu jari tangan yang putus dua ruas apakah masih bisa masuk kedokteran?

  3. apa bener katanya klo yg mau jadi mahasiswa kedokteran katanya gak boleh pakai kaca mata???(kaca mata min)

  4. Ada ga sih kriteria dari fisik kita ? Misalnya harus cantik, dan lain sebagainya ?

  5. ya guyz w jga pngin bgt jdi dokter , tpe kira” biaya nya bisa ditawar menawar gk ya ???

  6. aku pngin jadi dokter, tpi aku hnya anak panti asuhan yg tdak pnya biyaya cukup.
    q harus bgaimana….?

  7. pengen bnget jd dokter,tp pnghasilan org tuaku pas2an n syaratx nc,apakah bisa kalau giginya berlubang?

  8. kalau mau jadi dokter boleh gak yah gigi nya berlapis??mohon di jawab yah kang..

  9. jangan terlalu ambisius,sesuaikan dengan kemampuan prinsip masuk FK ada dua 1.Kecerdasan,Banyak anak FK yg DO juga gara” menang finansial aja tapi otak gk melampaui,2.Finansial banyak anak FK yang DO gara” finansial gak bisa beli peralatan kedokteran

  10. kalo gigi ny berlubng gmana? dan emg harus lulusan apa?apakah hrus dpet gelar master? masalah uang daftar ny brapa?

  11. kalau dari SMK Farmasi bisa masuk FK ga? dan kalau memiliki kelainan jantung apa bisa nantinya jdi spesialis jantung juga?
    mohon jawabannya ya :)

  12. ya Allah .. semoga tahun depan aku bisa masuk FK UI :-)

    aku pengen bgt jadi dokter :)

  13. Ping balik: Syarat menjadi mahasiswa kedokteran | gajecommunity

  14. kak aku mau tanya..kalau dari siswi smk kesehatan jurusan farmasi bisa masuk pendidikan dokter gak kak?…terima kasih

  15. Ping balik: Free Download Prosiding Kedokteran Gigi | Terbaru 2015

  16. Ping balik: Da Andrea Nyc Dress Code - Fashion Dress Keren

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s