Bedah KBK

sudah rata-rata 4-5 tahun seluruh FK di Indonesia menerapkan KBK, nah saatnya sekarang membedah KBK dari makro sampai mikrokurikulum,bahkan sampai nanokurikulum. nah untuk membedahnya perlu dr. SpBPk(spesialis bedah pendidikan kedokteran) supaya ngak malpraktek.

4 thoughts on “Bedah KBK

  1. wow,dok,saya febry fahmi,alumni FKUR jg (angk.2003), salut buat dokter bisa buat blog dan tulisan profesional begini. ngomong2 soal PBL atw KBK ya namanya, saya pernah dengar katanya negara2 maju spt Jerman udh meninggalkan sistem ini ya dok? malah mereka kembali ke konvensional, alasannya tidak efektif dan mahal, apa benar?

  2. @febry fahmi
    Terimakasih atas kunjungannya. Di luar negeri KBK terus berkembang dengan istilah competency based curriculum atau outcome based curriculum.
    Informasi mengenai kembali ke konvensional pernah saya tanyakan langsung ternyata tidak benar. Untuk mengukur keefektifan KBK secara kwantitatif memang agak susah, namun secara kualitatif, saya sudah merasakan bagaimana adanya perubahan baik di mahasiswa maupun perilaku dosennya. Mudah-mudahan pada tahun 2013 kita bisa melakukan tracer study untuk menilai efektifitas KBK FK UR. Memang untuk mencapai mutu yang baik memerlukan inverstasi yang mahal, namun secara berangsur-angsur kita telah mulai mencoba mengefisiensikan, misalnya mencoba membuat manekin sendiri untuk skill lab. Semoga sukses di t45 kerja.

  3. Salam kenal Dok.

    Selama ini, dari pengamatan saya di lapangan, para guru SD masih kesulitan untuk menerapkan KBK tersebut. Ini bermula dari pemahaman mereka tentang ‘kompetensi’ yang belum mendasar.

    Salam dari Yogyakartan

    http://pembicarapublik.wordpress.com

  4. Entri ini dituliskan pada Juli 15, 2008 pada 9:07 am dan disimpan dalam Bahasa Jepang . Anda bisa mengikuti setiap tanggapan atas artikel ini melalui RSS 2.0 pengumpan. Anda bisa tinggalkan tanggapan , atau lacak tautan dari situsmu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s